Permintaan Dan Penawaran Pada Kenaikan Harga Kedelai


 A.   PENDAHULUAN                                                 
      1.       Latar Belakang
Bangsa Indonesia terancam krisis protein nabati karena harga kedelai yang terus melambung dan berdampak pada kenaikkan harga barang konsumsi yang berbahan baku kedelai. Penduduk Indonesia mayoritas terdiri dari kelas ekonomi menengah ke bawah. Tidak memungkinkan bagi kelas ekonomi menengah ke bawah untuk mencukupi kebutuhan akan protein dengan membeli protein hewani. Sebagai suatu alternatif  protein nabati sangat diminati. Harga yang relative murah, kandungan gizi yang lebih baik, dan rasa yang enak membuat protein nabati ( khususnya tempe ) sangat diminati.
Seiring berjalannya waktu, produk olahan kedelai yang sangat diminati lama kelamaan menunjukan tanda – tanda kelangkaan. Indonesia tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan pasar akan kedelai. Hal itu mengakibatkan Indonesia harus mengimpor kedelai dari luar negeri. Indonesia yang disebut sebagai negara yang subur dan mayoritas penduduknya adalah petani tetap tidak mampu mencukupi permintaan pasar.
Mengimpor barang konsumsi pastilah akan memiliki dampak negatif yaitu suatu ketergantungan dan bahaya inflasi. Berawal dari hal itulah saya tertarik untuk menyelidiki keterkaitan atau hubungan antara naiknya harga kedelai dengan hukum permintaan dan penawaran.
2.      Tujuan
Menyelidiki hubungan antara hukum permintaan dan penawaran dengan kenaikan harga kedelai.

B.   TINJAUAN PUSTAKA

Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi sedangkan penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.
Hukum permintaan adalah makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta. Adanya kenaikan permintaan menyebabkan kenaikan harga pada harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium. Penurunan permintaan akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium maupun kuantitas ekuilibrium.
Hukum penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Kenaikan harga penawaran akan menyebabkan penurunan harga ekuilibrium dan menyebabkan kenaikan kuantitas ekuilibrium.
REVIEW HANYA SAMPAI DI SINI, SILAHKAN DOWNLOAD UNTUK MELANJUTKAN

Bermanfaat? click like :D
Mau tau kelanjutannya? silahkan click link download di bawah ini


Anda akan dibawa menuju ke halaman iklan, setelah 5 detik pada bagian pojok kanan atas akan keluar pesan SKIP AD.
Setelah SKIP AD di click anda baru akan dibawa menuju ke halaman download.
Harap maklum, ini guna menunjang kelangsungan blog ini :D


1 comments:

The Geeks said...
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

 
Share My Life