Tantangan Eksternal Pasar Tenaga Kerja Pada Manajemen Sumber Daya Manusia

Organisasi memerlukan sejumlah karyawan dengan berbagai bermacam–macam  ketrampilan, kemampuan, dan pengalaman atau kemampuan menarik dan mempertahankan karyawan yang cakap merupakan kebutuhan prasyarat bagi perusahaan yang sukses.

Ada tiga faktor yang paling berpengaruh terhadap  pemenuhan kebutuhan karyawan perusahaan, yaitu reputasi perusahaan di mata angkatan kerja, tingkat pertumbuhan angkatan kerja dan tersedianya tenaga kerja yang dibutuhkan. Faktor ini perlu diperhitungkan terutama menyangkut tenaga kerja terampil/berkeahlian yang langka, untuk memastikan berapa banyak yang diperlukan seta kemungkinan untuk mendapatkannya  di pasar tenaga kerja.
Pasar Tenaga Kerja adalah: seluruh aktivitas dari pelaku-pelaku untuk mempertemukan pencari kerja dengan lowongan kerja, atau proses terjadinya penempatan dan atau hubungan kerja melalui penyediaan dan penempatan tenaga kerja. Pelaku-pelaku yang dimaksud di sini adalah pengusaha, pencari kerja dan pihak ketiga yang membantu pengusaha dan pencari kerja untuk dapat saling berhubungan.
Selain itu pasar tenaga kerja (labor market) juga mempunyai pengertian wilayah darinya perusahaan biasanya merekrut untuk mengisi sebuah posisi. Lingkungan pasar tenaga kerja mempengaruhi perencanaan sumber daya manusia dalam hal jumlah dan tipe- tipe pekerja yang tersedia. Di pasar- pasar tenaga kerja yang longgar, jumlah tenaga kerja yang berbobot adalah melimpah. Pasar- pasar tenaga kerja yang ketat membatasi ketersediaan tenaga kerja, mendongkrak harga tenaga kerja tersebut, dan bahkan membatasi tingkat terhadapnya organisasi dapat selektif dalam prosedur- prosedur pengangkatannya.
Pasar tenaga kerja dapat digolongkan menjadi pasar tenagakerja terdidik dan pasar tenagakerja tidak terdidik. Menurut Simanjuntak (1998), kedua bentuk pasar tenagakerja tersebut berbeda dalam beberapa hal. Pertama, tenaga terdidik pada umumnya mempunyai produktivitas kerja lebih tinggi daripada yang tidak terdidik. Produktivitas pekerja pada dasarnya tercermin dalam tingkat upah dan penghasilan pekerja, yaitu berbanding lurus dengan tingkat pendidikannya. Kedua, dari segi waktu, supply tenagakerja terdidik haruslah melalui proses pendidikan dan pelatihan. Oleh karena itu, elastisitas supply tenagakerja terdidik biasanya lebih kecil daripada elastisitas supply tenagakerja tidak terdidik. Ketiga, dalam proses pengisian lowongan, pengusaha memerlukan lebih banyak waktu untuk menyeleksi tenagakerja terdidik daripada tenagakerja tidak terdidik.  
Pasar tenaga kerja dipengaruhi oleh permintaan tenaga kerja dan penawaran tenaga kerja. Permintaan tenaga kerja berkaitan dengan produksi barang dan jasa tenaga kerja. Permintaan tenaga kerja berkaitan dengan produksi barang dan jasa yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga pemerintah. Perusahaan membutuhkan faktor-faktor produksi dalam melakukan kegiatannya. Sedangkan, penawaran tenaga kerja sumbernya adalah rumah tangga. Rumah tangga menyediakan tenaga kerja dimana keahlian dan kemampuan mereka tersedia untuk digunakan perusahaan atau lembaga pemerintah dalam proses produksi.
Supply atau penawaran tenaga kerja adalah suatu hubungan antara tingkat upah dengan jumlah tenagakerja. Seperti halnya penawarana, demand atau permintaan tenagakerja juga  merupakan suatu hubungan antara upah dan jumlah tenagakerja. Motif perusahaan mempekerjakan seseorang adalah untuk membantu memproduksi barang atau jasa yang akan dijual kepada konsumennya. Besaran permintaan perusahaan terhadap tenagakerja tergantung pada besaran permintaan masyarakat terhadap barang yang diproduksi perusahaan itu. Oleh karenanya, permintaan terhadap tenagakerja merupakan permintaan turunan (derived demand).

REVIEW HANYA SAMPAI DI SINI, SILAHKAN DOWNLOAD UNTUK MELANJUTKAN

Bermanfaat? click like :D
Mau tau kelanjutannya? silahkan click link download di bawah ini


Anda akan dibawa menuju ke halaman iklan, setelah 5 detik pada bagian pojok kanan atas akan keluar pesan SKIP AD.
Setelah SKIP AD di click anda baru akan dibawa menuju ke halaman download.
Harap maklum, ini guna menunjang kelangsungan blog ini :D

0 comments:

Post a Comment

 
Share My Life