Analisis Produk Domestik Bruto Indonesia Tahun 2010


Analisis Produk Domestik Bruto Indonesia Tahun 2010

 
Nama : Gusti Alif Prassojo
NIM : A1C010102

Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia triwulan IV2010 menurun sebesar 1,4 persen terhadap triwulan III2010 (qtoq). Pertumbuhan negatif ini disebabkan karena Sektor Pertanian mengalami penurunan cukup signifikan sebesar 20,3 persen. Sedangkan sektorsektor lainnya mengalami pertumbuhan positif. Penurunan sebesar 1,4%  tersebut bila dibandingkan triwulan yang sama pada tahun 2009 mengalami peningkatan sebesar 6,9%, yang berarti  tidak buruk bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Meski tidak buruk bila dibanding dengan tahun sebelumnya, penurunan yang signifikan pada sector pertanian mencerminkan Indonesia sebagai negara agraris yang mulai melupakan cara bertani. Orang lebih senang bekerja dikantor atau bekerja sebagai pegawai negeri. Pertanian merupakan sesuatu yang vital, negara yang pertaniannya maju pasti makmur.
Laju pertumbuhan PDB menurut lapangan usaha triwulan ke IV (q-to-q) menunjukan sector pertanian mengalami penurunan yang signifikan dan sektor lain mengalami pertumbuhan yang positif. Bila dilhat dari y-on-y sector pengangkutan dan komunikasi menyumbang pertumbuhan tertinggi, sebesar 15%. Secara kumulatif pertumbuhan PDB Indonesia hingga triwulan IV2010 dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2009 (ctoc) tumbuh 6,1 persen. Besaran PDB Indonesia atas dasar harga berlaku pada triwulan IV2010 Rp1.670,5 triliun, sedangkan PDB atas dasar harga konstan 2000 pada triwulan yang sama adalah Rp585,1 triliun.

Laju pertmbuhan PDB dari sisi penggunaan, pertumbuhan PDB triwulan IV2010 terhadap triwulan sebelumnya didorong oleh kenaikan Konsumsi Pemerintah yang tumbuh sebesar 38,2 persen, Ekspor sebesar 12,8 persen, Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) sebesar 1,3 persen, dan Konsumsi Rumah Tangga sebesar 0,3 persen. Sementara Impor tumbuh 9,6 persen dibanding triwulan sebelumnya. Pertumbuhan PDB penggunaan triwulan IV2010 dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun 2009 (6,9 persen) ditopang oleh pertumbuhan Ekspor sebesar16,1 persen, Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) sebesar 8,7 persen, Konsumsi Pemerintah sebesar 7,3 persen, dan Konsumsi Rumah Tangga sebesar 4,4 persen. Sedangkan Impor juga tumbuh 16,9 persen dibanding triwulan yang sama tahun 2009.

REVIEW HANYA SAMPAI DI SINI, SILAHKAN DOWNLOAD UNTUK MELANJUTKAN

Bermanfaat? silahkan click like :D
Mau tau kelanjutannya? silahkan click link download di bawah ini


Anda akan dibawa menuju ke halaman iklan, setelah 5 detik pada bagian pojok kanan atas akan keluar pesan SKIP AD.
Setelah SKIP AD di click anda baru akan dibawa menuju ke halaman download.
Harap maklum, ini guna menunjang kelangsungan blog ini :D

0 comments:

Post a Comment

 
Share My Life