Kurangnya Kesadaran Semangat Kebangsaan Generasi Muda


Topik
MENUMBUHKAN SEMANGAT KEBANGSAAN GENERASI MUDA
Judul
KURANGNYA KESADARAN SEMANGAT KEBANGSAAN GENERASI MUDA





Kelompok 3 :
Alif Hendi Kurniawan A1CO10074
Moch. Novian Andrianto A1CO10008
Resal Aprisal A1CO10010
Gusti Alif Prassojo A1CO10102
M. Arif Kusaeni A1CO10112

AGRIBISNIS

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS JENDRAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PERTANIAN
PURWOKERTO
2010
KURANGNYA KESADARAN SEMANGAT KEBANGSAAN GENERASI MUDA

BAB I
Perumusan Masalah

Setiap negara pada umumnya memiliki wawasan serta semangat kebangsaan, demikian juga dengan bangsa Indonesia tentunya memiliki wawasan serta semangat kebangsaannya sendiri. Secara singkat semangat kebangsaan adalah suatu hal yang dimiliki setiap warga negara tentang bagaimana cara pandang bangsa tentang diri serta lingkungannya bedasarkan cita-cita dan tujuan nasionalnya serta bagaimana cara mencapainya.
Semangat kebangsaan bangsa Indonesia lahir dari kesadaraan segenap masyarakat untuk bersatu untuk memperjuangkan, kesejahteraan, serta kedamaian bangsa Indonesia. Sesuai dengan ciri khas bangsa Indonesia yang majemuk dan wilayahnya yang berupa kepulauan. Semangat kebangsaan Indonesia merupakan pedoman yang sifatnya filosofis dan normatif, semangat kebangsaan indonesia perlu digalangkan dengan maksud agar warga negara menyadari pentingnya hidup bersama atas dasar kesamaan hak dan kewajiban. Semangat kebangsaan bertujuan menghidupkan kembali dan mendorong terwujudnya hidup yang harmonis antar warga negara Indonesia. Terutama bagi generasi muda sangat perlu ditumbuhkannya rasa semangat kebangsaan agar terciptanya sejak dini kondisi yang diharapkan didalam tujuan UUD 1945. Tetapi untuk saat ini diperkiran sangat sulit menumbuhkan semangat kebangsaan karena perkembangan jaman yang semakin maju.




BAB II
Analisis Masalah
Namun saat ini kesadaran berbangsa generasi muda semakin memudar, gerakan reformasi 1998 disatu sisi memberikan perubahan pada beberapa dimensi, tetapi disisi lain gerakan reformasi belum bisa memeperbaiki krisis akan nasionalisme dan komitmen kebangsaan yang semakin hari mengarah pada jurang degradasi akibatnya banyak hal yang dilakukan oleh rakyat indonesia dengan maksud bertujuan memperbaiki sosial ekonomi mereka tanpa memperhatikan nilai, norma, dan konsepsi atas semangat kebangsaan yang berdasarkan kepada pancasila dan UUD 1945. Disamping itu degradasi sangat berdampak pada krisis persatuan dan kesatuan, oleh karena itu banyak terjadi konflik yang berdimensi agama, etnis, ras, dan yang lainnya yang secara nyata mengamcam keutuhan wilayah NKRI.
Disamping itu dimensi lain yang menjadi indikator terjadinya krisis nasionalisme dan semangat kebangsaan adalah banyaknya SDA yang dijual kepada pihak asing pengakuan beberapa kesenian dan budaya oleh negara-negara lain dan masih banyak yang lainnya. Hal itu terjadi karena semangat kebangsaan yang tidak digunakan untuk membangun dan memajukan bangsa ini, sehingga krisis belum menunjukan tanda-tanda akan berakhir. Selain masalah diatas munculnya globalisasi juga menjadi masalah yang mengakibatkan tidak berkembangnya semangat kebangsaan generasi muda. Peningkatan  ketertarikan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan,  investasi,  perjalanan,  budaya populer,  dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas antar negara menjadi sempit, itulah pengertian globalisasi. 

REVIEW HANYA SAMPAI DI SINI, SILAHKAN DOWNLOAD UNTUK MELANJUTKAN

Bermanfaat? silahkan click like :D
Mau tau kelanjutannya? silahkan click link download di bawah ini


Anda akan dibawa menuju ke halaman iklan, setelah 5 detik pada bagian pojok kanan atas akan keluar pesan SKIP AD.
Setelah SKIP AD di click anda baru akan dibawa menuju ke halaman download.
Harap maklum, ini guna menunjang kelangsungan blog ini :D

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Share My Life